Minggu, 30 Desember 2012

Tugas Biologi Perikanan


FAKTOR PEMBATAS
Beberapa bentuk perlawanan lingkungan akan menghentikan pertumbuhan penduduk. Bentuk perlawanan lingkungan disebut faktor pembatas karena membatasi populasi dan juga dapat meningkatkan populasi. Inilah klasifikasinya kepadatan faktor independen dan kepadatan tergantung faktor.
FAKTOR KEPADATAN INDEPENDEN (DENSITY INDEPENDENCY)
Faktor kepadatan independen dapat mempengaruhi populasi tidak peduli apa itu kepadatan itu. Contoh: bencana alam, temperatur, sinar matahari, aktivitas manusia, karakteristik fisik dan perilaku organisme mempengaruhi populasi setiap dan semua terlepas dari kepadatan mereka.
Bencana alam seperti kekeringan, banjir, badai dan kebakaran dapat menyengsarakan biota perairan. Sebagai contoh, kekeringan yang parah bisa menurunkan kadar air dan menurunkan daya dukungnya maka populasi akan menurun.
Suhu mempengaruhi aktivitas dan pertumbuhan organisme. Suhu juga menentukan jenis organisme dapat hidup di danau. Biasanya, semakin tinggi suhu air, besar aktivitas dalam danau. Jika suhu bervariasi menyebabkan spesies akan mati atau pindah ke yang berbeda lokasi. Suhu juga mempengaruhi sifat kimiawi air. Tingkat reaksi kimia dalam air meningkat dengan meningkatnya suhu. Misalnya, air hangat memegang kurang oksigen daripada air dingin, sehingga meskipun ada lebih banyak aktivitas di air hangat ada mungkin tidak cukup oksigen untuk kegiatan terus untuk jangka waktu yang lama.
Sinar matahari hanya dapat menembus hingga kedalaman 30 meter dalam air. Jadi kebanyakan fotosintesis di lingkungan perairan terjadi dekat permukaan. Ini berarti bahwa kebanyakan tanaman tidak dapat tumbuh jika mereka berada di dasar danau yang dalam.
Aktivitas manusia juga dapat mempengaruhi dinamika populasi menyebabkan tingkat air di perairan tiba-tiba menurun.
Karakteristik fisik dari organisme dapat mempengaruhi populasi mereka. Banyak organisme diadaptasi dan berevolusi untuk meningkatkan kesempatan mereka untuk bertahan hidup.
Perilaku organisme juga dapat mempengaruhi populasi mereka. Sebagai contoh, beberapa spesies bermigrasi untuk mencari sumber makanan baru atau untuk kawin.

Sumber : The Effects of Density-Dependent Resource Limitations on the Demography of Wild Reindeer Author(s): T. Skogland Source: The Journal of Animal Ecology, Vol. 54, No. 2 (Jun., 1985), pp. 359-374 Published by: British Ecological Society Stable URL: http://www.jstor.org/stable/4484 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar